The Sampah's Blog

Dasar-dasar Desain Game: BekerJa Dengan Elemen-elemen Dinamik

Posted on: October 27, 2010

Sistem

—  Sebuah SISTEM di definisikan sebagai sekumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi dan membentuk suatu kesatuan yang memiliki tujuan yang sama

  • Teori sistem umum – Ludwig von Bartalanffy (1940)
  • Game sebagai sebuah sistem, terdiri atas elemen-elemen yang saling berinteraksi dan memiliki tujuan yang sama

Game Sebagai Sistem

—  Sistem dapat dilihat dalam banyak bentuk

  • Mekanikal, biologikal, sosial, alamiah

—  Game merupakan suatu bentuk sistem

  • Intinya adalah elemen-elemen formal, jika dijalankan akan membentuk suatu dinamika yang menghasilkan pengelaman bermain bagi pemain
  • Tujuan Game: memberikan hiburan/kesenangan bagi pemain

—  Sistem dapat berbentuk sederhana ataupun rumit

  • Sistem dapat menghasilkan output yang jelas dan dapat diprediksi, ataupun output yang tidak jelas dan sulit diprediksi
  • Agar dapat mengendalikan tipe-tipe elemen sistem yang mempengaruhi output game, maka perlu diketahui elemen-elemen dasar sistem dan pengaruhnya terhadap sistem

—  Elemen-elemen dasar sistem:

  • Objek
  • Properti
  • Behaviour (perilaku)
  • Relationship

—  Suatu objek berinteraksi sesuai dengan properti, perilaku, dan relationship-nya.

Properti

—  Properti adalah atribut-atribut yang mendefinisikan aspek-aspek fisik dan konseptual dari sebuah objek

  • Contoh – sebuah karakter pada game memiliki properti sbb:
    • Kesehatan (Health)
    • Kekuatan (Strength)
    • Kecekatan (Dexterity)
    • Pengalaman (Experience)
    • Level
    • Lokasi

Objek

—  Objek adalah ‘building block’ dasar dari sebuah sistem

  • Sistem terdiri dari beberapa objek yang saling berelasi
  • Objek dapat berbentuk fisik, abstrak, ataupun keduanya
  • Contoh:
    • Sebuah individu (raja, ratu, dan menteri pada game catur)
    • Konsep (bank pada game monopoli)
    • Representasi pemain (avatar)

Behavior

—  Perilaku/behaviour adalah suatu aksi yang dapat dilakukan oleh objek pada suatu kondisi tertentu

  • Contoh: berjalan, berlari, melompat, berkelahi,dsb
  • Semakin banyak perilaku yang dimiliki oleh suatu objek, maka objek tersebut semakin tidak dapat diprediksi

Relationship

—  Dalam suatu sistem, objek-objeknya saling berelasi (interaksi)

—  Relationship dapat diekspresikan dalam beragam cara:

  • Berbasis lokasi
  • Berbasis hirarki
  • Fix dan dinamis

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Categories

%d bloggers like this: