The Sampah's Blog

Dasar-dasar Desainer Game: Struktur Game

Posted on: October 27, 2010

Apakah semua game memiliki  struktur yang sama? Bandingkan antara game tradisional dan game komputer!

Struktur Game (Elemen Formal)

—  Player

—  Game ditujukan untuk pemain

—  Apakah pemain = audien ???

—  Prosedur

—  Prosedur adalah aksi-aksi atau metode-metode permainan yang dibolehkan oleh aturan

—  Memberikan landasan bagi perilaku pemain

—  Menciptakan interaksi dalam lingkup permainan

—  Tujuan

—  Setiap game memiliki suatu tujuan yang harus dicapai oleh pemain

—  Dapat bersifat eksplisit atau implisit

—  Aturan

—  Menentukan:

—  Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pemain

—  Apa yang terjadi dalam semua situasi

—  Beberapa aturan mendefinisikan obyek dan konsep dari game

—  Beberapa aturan yang lain membatasi perilaku permainan

—  Sumber daya

—  Sumberdaya adalah objek-objek didalam game yang dapat membantu pemain mencapai tujuan

—  Definisi: objek yang memiliki nilai tinggi karena kelangkaannya atau daya-gunanya

—  Mencari dan mengelola sumberdaya menjadi bagian inti dari beberapa game

—  Konflik

—  Pertentangan yang terjadi dalam mencapai tujuan

—  Antar-pemain

—  Tantangan dari game

—  Boundary

—  Tujuan, aturan, dan metode-metode didalam game hanya berlaku pada game tersebut

—  Game memiliki batasan dari dunia nyata

—  Bersifat fisikan atau konseptual

—  Outcome

—  Permainan didalam game menghasilkan suatu hasil yang terukur dan tidak sama antar pemain

—  Menang-kalah

—  Hidup –mati

—  Terbanyak

—  Tercepat

—  Dsb

—  Outcome berbeda dengan tujuan

 

Melibatkan Pemain

—  Apa arti ‘elemen formal’ bagi pemain?

  • Game adalah suatu bentuk hiburan, dan sebuah hiburan yang baik melibatkan audiennya baik secara intelektual maupun emosional

—  Elemen-elemen Dramatis:

  • Permainan

—  Game membuat pemain dapat menggunakan imajinasi, fantasi, inspirasi, kemampuan sosial, dan tipe interaksi lainnya untuk mencapai tujuan didalam game

  • Tantangan

—  Pengalaman diciptakan oleh konflik

—  Konflik memberikan tantangan bagi pemain

  • Konflik menciptakan tekanan karena pemain harus menyelesaikannya untuk mencapai tujuan
  • Mudahà bosan
  • Sulit à frustasi
    • Premis

—  Salah satu cara menarik emosi pemain adalah dengan memberikan premis terhadap suatu keadaan menyenangkan yang dapat dicapai

  • Memberikan konteks terhadap elemen-elemen formal
    • Karakter

—  Karakter dapat berperan sebagai sebuah representasi pemain, menjadi pintu masuk untuk mengikuti cerita, tantangan, dan konflik dalam game

  • Cerita

—  Cerita menuntun pemain dalam mengikuti alur permainan

  • Cerita yang terintegrasi dengan permainan dapat menghasilkan emosi yang powerful

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Categories

%d bloggers like this: