The Sampah's Blog

Pengajaran berbantuan Komputer

Posted on: November 4, 2010

COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION

Definisi

ž  segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer. Jadi pada PBK aktivitas pemberian materi, menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran, memberikan tes dan memberikan umpan balik semuanya dilakukan oleh komputer

Ciri Khas PBK

ž  duduk di depan komputer, siswa tersebut menggunakan keyboard untuk memberikan pendapat dan informasinya ke dalam komputer. Kemudian siswa dapat menyimak dan berkomunikasi selayaknya proses belajar mengajar di dalam kelas konvensional melalui monitor komputer.

ž  Informasi atau materi pelajaran disajikan untuk para siswa dan siswa bebas menyerap materi seluas mungkin. Dan siswa juga bebas melakukan reaksi terhadap materi yang diberikan pada PBK setelah siswa selesai membaca seluruh materi.

ž  Setelah materi selesai dibaca oleh siswa di layar monitor akan ditampilkan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Jika siswa menjawab dengan benar, maka akan muncul pertanyaan yang baru. Namun jika siswa menjawab salah, maka program akan meminta siswa untuk mengulang kembali materi pelajaran.

Point-point penting dalam PBK

ž  Media

›      Hardware

–   Seperangkat komputer, proyektor, LCD viewer dll

›      Software (Aplikasi)

–   Aplikasi multimedia, mis : Flash, camtasia dll

ž  Content

›      Merupakan materi / informasi yang akan disampaikan kepada siswa

ž  Exam

›      Bagaimana konsep ujian diberikan

Penelitian Tentang Keefektifan PBK

1)      Bila PBK dibandingkan dengan pengajaran tradisional maka akan banyak perbedaan penting yang terlihat (Clark, 1984 ;Dence, 1980; Leiblum, 1982)

2)       Ada 42 penelitian studi di tingkat SLTP dan SLTA dalam proses belajar mengajar pada beberapa topik tertentu dengan belajar berbantuan komputer lebih efektif.(Bangert-Drowns, Kulik, and Kulik, 1985 )

3)      Ada analisis baru bahwa PBK lebih efektif (Atkinson, 1984)

4)      Pada faktanya, PBK bila dikembangkan misalnya terlihat pada studi komparatif maka PBK lebih memiliki kesiapan dibandingkan dengan pengajaran tradisional.(Bright, 1983; Clark, 1984)

Pengembang dalam membuat program PBK dengan pelajaran tradisional maka akan terdterdapat perbedaan yang jelas (Kulik, Kulik,and Cohen, 1980)

Kelebihan PBK

  1. Meningkatkan Interaksi
  2. Individualisasi
  3. Efektifitas biaya
  4. Motivasi
  5. Umpan balik
  6. Kemudahan penyimpanan data
  7. Keutuhan pelajaran
  8. Kendali peserta belajar

Kelamahan PBK

Butuh hardware khusus dan mahal

Sulit Mengulang Topik

Tergantung pada kemampuan membaca dan visual.

Grafik tidak realistik.

Butuh keterampilan pengembangan tambahan

Butuh waktu pengembangan yang lama

Kemampuan belajar insindental terbatas

Kaku

 

Karakteristik PBK yang efektif

ž  PBK yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran

ž  PBK yang efektif menyesuaikan dengan karakteristik siswa

ž  PBK yang efektif memaksimalkan interaksi

ž  PBK yang efektif diindividualisasikan

ž  PBK yang efektif menarik minat siswa

ž  PBK yang efektif melakukan pendekatan yang positif kepada siswa

ž  PBK yang efektif menyediakan feedback yang beragam

ž  PBK yang efektif sesuai dengan lingkungan pembelajaran

ž  PBK yang efektif mengevaluasi prestasi sesering mungkin

ž  PBK yang efektif menggunakan sumber daya komputer yang baik

ž  PBK yang efektif mengacu pada prinsip desain pembelajaran

ž  PBK yang efektif sudah dievaluasi terus-menerus

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Categories

%d bloggers like this: